. ♫ Novita Sari Nozhalund ♫: MagLev?? Melayang?? 650 km/jam??

Rabu, 07 September 2011

MagLev?? Melayang?? 650 km/jam??

Hmm...saya pertama kali mendengar kata 'Maglev' pada saat isenk-isenk membuka google mengenai tentang magnet....
yahh mendengar tentang ini saya langsung terkagum-kagum....
amazing pokoknyaaa...

Maglev adalah singkatan dari MAGnetically LEVitated trains....
mau tau apa maglev itu???
Maglev adalah sebuah kereta yang prinsip kerjanya memanfaatkan gaya angkat magnetik.
Kereta ini tentu saja dilihat dari prinsip kerjanya memerlukan lintasan/rel khusus.....
kereta ini mempunyai lintasan yang terbuat dari magnet/ rel magnetik....
selain itu di badan kereta itu sendiri terdapat mesin induksi atau magnet superkonduktivitas pada kereta sehingga antara kereta dengan rel/lintasan terdapat gaya magnetik yang di akibatkan medan magnet keduanya.....
alhasil kereta ini pada saat berjalan akan melayang sekitar 10 mm di atas rel....keren bukan...
selain itu kereta ini memiliki kecepatan luar biasa yaitu sekitar 650 km/jam...
fantastis memang....

Sempat terlintas di pikiran saya jika negara saya (Indonesia) memiliki kereta ini, mungkin saya akan pulang setiap minggu ke rumah walaupun jarak antara tempat tinggal saya sekitar 1000 km lebih (sepertinya, soalnya saya gag pernah ngukur sendiri...hahahaaa)

hmm...tp untuk saat ini itu cuma impian belaka, tapi mungkin kemudian hari di saat generasi saya menjadi pemimpin bangsa ini, itu semua akan terwujud.... (no one know about the future)


Penampilan luar Maglev

Penampilan di dalam Maglev

Di dunia saat ini hanya ada di negara-negara maju seperti Jepang, AS, Jerman, dan Perancis. Mahalnya pembuatan rel maupun kereta membuat kereta ini tidak bisa dimiliki oleh sembarang negara....

Selain punya kelebihan yaitu karena kereta ini melayang, sehingga tidak mengakibatkan gesekan antara roda kereta dengan rel yang meminimalisir penggantian rel maupun roda karena tidak mengalami aus, kereta ini juga memiliki kekurangan....
dengan kecepatannya yang fantastis, kereta ini menimbulkan kebisingan yang cukup mengganggu dari kereta yang biasanya....


Itu sedikit tentang Maglev...
kereta impian saya...hehehe....
Semoga kemajuan teknologi ini dapat kita manfaatkan sebaik mungkin, dan khususnya untuk bangsa kita semoga dapat juga merasakan kemajuan teknologi ini, saatnya generasi muda untuk membuat Indonesia bukan hanya negara berkembang tapi dapat menjadi Negara maju yang tetap menjaga keseimbangan antara IMTAQ dan IPTEK..... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar